SLBN 2 Lotim Didik Murid Mandiri

0
81

MASBAGIK, Warta Rinjani—Murid-murid Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 2 Kabupaten Lombok Timur di Masbagik dididik hidup mandiri dan terampil. Pola pendidikan ini diterapkan untuk menghadapi kehidupan setelah lulus nanti.

Kepala SLBN 2 Lotim, Parjianta menyebutkan, pendidikan keterampilan yang dilakukan tersebut mengarah pada program-program keahlian. Program ini nantinya akan mampu memberikan pengalaman pada anak idik untuk bersaing dengan sekolah-sekolah biasa lainnya.

“Jadi program keterampilan yang kami lakukan yakni pengelasan, menjahit, tataboga, pembuatan keset dan pembuatan telur asin,” sebutnya, Jumat (24/1).

Parji menyatakan, ada beberapa kategori anak didik berkenutuhan khusus di sekolah yang dipimpinnya. Karena itu, pola pendidikan yang diberikan berbeda-beda terhadap mereka.

Baca Juga  Terkait Penarikan Retribusi Pantai Suryawangi, Camat Labuhan Haji : Itu Bukan Pungli

Anak yang mengidap tuna grahita mislanya. Mereka diajarkan keterampilan pembuatan telur asin. Begitu juga dengan murid lainnya diajarkan keterampilan berbeda-beda.

Dikatakan Parji, program khusus untuk anak yang tuli dan bisu selalu diberikan bimbingan khusus tentang bina bicara. Tujuannya agar anak tersebut bisa berinteraksi dengan teman-temannya.

“Program bina bicara harus ada, jadi pelatihannya khusus untuk bicara,” jelasnya.

Sementara itu, guru pembimbing SLB Negeri 2 Lombok Timur, Hasan menyatakan, anak-anak yang ada di sini merupakan anak dengan keterbatasan. Praktis dalam proses pemulihannya para guru dan stakeholder yang ada membuat sejenis keterampilan dalam mengembangkan dirinya sendiri.

Baca Juga  Pemkab Loteng Fasilitasi Dekranasda dan LASQI

“Anak tuna grahita itu tidak bisa ngelas, makanya kami beserta kepala sekolah mengarahkan untuk membuat keset menjahit dan tataboga,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, anak yang tuna rungu dilatih keterampilannya perbengkelan dan pengelasan. Dalam perbengkelan anak tuna rungu diajarkan teknik mesin dan pengelasan.

Hasan berharap kedepan anak didiknya bisa bersaing dan mencari lapangan kerja. Ini karena hasilnya dalam pengelasan dan perbengkelan sangat memuaskan.

“Hasilnya sangat memuaskan. Insyaallah di masyarakat juga memuaskan semua,” tutupnya. (cr-hen)

Berita & Photo : Hendri Setiawan/Warta Rinjani
Berita Photo : “SLBN 2 Lombok Timur” Anak-anak berkebutuhan khusus di SLBN 2 Lotim diberikan keterampilan untuk masa depan mereka.

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar