SMPN 1 Sukamulia Raih Penghargaan Sekolah Bersih

0
252

SUKAMULIA, Warta Rinjani – Kepala SMPN 1 Sukamulia, Muhawwin SPd, tak menduga jika sekolahnya memperoleh penghargaan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Lombok Timur sebagai sekolah bersih.

Namun bagi Muhawwin, ada tidaknya penilaian kebersihan di lingkungan pendidikan, pihaknya tetap menerapkan sistem zero waste (bebas sampah). Tak heran, jika berkunjung ke SMPN 1 Sukamulia, tidak ditemukan sampah yang berserakan.

“Kami tidak menduga ternyata pola kebersihan yang selama ini membuahkan hasil. SMPN 1 Sukamulia menjaga kebersihan lingkungan sekolah merupakan program utama,” kata Muhawwin, Kamis, (26/12).

Bagi Muhawwin, pentingnya kebersihan lingkungan sebagai semangat belajar dan mengajar setiap hari. Karenanya, menerapkan kebersihan lingkungan sebagai kegiatan rutinitas yang dilakukan dengan sikap disiplin. Termasuk memberlakukan jadwal pagi dan sore.

Sementara itu, Kepala Bidang Lingkungan Hidup (LHK) Lombok Timur, Supratman mengakui, lomba ini diadakan sejak tahun 2017 silam. Namun hanya di tiga kecamatan yakni, Selong, Sukamulia dan Pringgabaya. Hanya saja, dalam penilaian ini tidak diketahui oleh pihak sekolah.

Penilaian ini kata Supratman, dengan mempertimbangkan berbagai aspek. Salah satunya inovasi yang dikembangkan oleh sekolah-sekolah tentang peduli lingkungan sehat dan bersih.

“Penghargaan ini diberikan untuk sekolah yang memenuhi kriteria. DLHK berharap prestasi SMP 1 Sukamulia ini menjadi motivasi bagi sekolah-sekolah yang lain agar dapat meningkatkan kepeduliannnya terhadap lingkungan,” katanya.

Ia pun berharap dengan pemberian penghargaan ini lingkungan bersih dan sehat, ini menjadi contoh dan motivasi bagi sekolah lainnya. (cr-hen)

Baca Juga  Diduga Hasil Hubungan Gelap, Bayi Tak Berdosa Dibuang di Sungai Darmasari - Sikur
JUARA: Jajaran guru dan Kepala SMPN 1 Sukamulia besert tim penilai lomba kebersihan sekolah.
Berita dan Photo : Hendri/Warta Rinjani

Baca Juga berita tentang Pendidikan, Lombok Timur, NTB dan terkait lainnya dari Hendri / Warta Rinjani


Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar