Stok Blangko E-KTP di Lotim Hingga Dua Bulan ke Depan

0
129

LOMBOK TIMUR – Blanko pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-E) pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Lombok Timur mencapai 10.000 lembar. Jumlah itu diprediksi hingga dua bulan kedepan.

Kepala Bidang Pelayanan pendaftaran Penduduk Disdukcapil Lotim, Syaiful Azkari. S.sos menyebutkan, stok 10.000 lembar blanko E-KTP tersebut akan didiatribusikan ke seluruh kecamatan dalam sekali pengambilan dengan jumlah 100 lembar per kecamatan.

“Setiap kecamatan akan diberikan jatah blanko untuk pembuatan E-KTP 100 lbat dan dalam satu kali pengambilan,” sebut Syaiful Azkari kepada wartawan, Jum’at (9/4).

Baca Juga  71 Orang Ikuti Tes Akademik Seleksi Balon Pilkades

Jika blanko itu telah habis, pihak kecamatan dapat mengambilnya kembali dengan membawa bukti laporan dari Unit Pelaksana Teknis (UPT). Tujuannya untuk mengendalikan peredaran blanko.

Dengan adanya ketersedian blanko tersebut, pihaknya akan melakukan pencetakan berupa pembuatan E-KTP baru, penerbitan KTP pindah datang dan penerbitan KTP yang mengalami perubahan elemen data.
Semisal perubahan status, adanya perubahan pekerjaan dan pembuatan E-KTP, KTP hilang ataupun yang mengalami kerusakan.

Bagi masyarakat yang kehilangan KTP dan hendak untuk membuat KTP baru, harus dibuktikan dengan membawa surat kehilangan dari kepolisian.
Adapun yang KTP-E nya mengalami kerusakan, diharuskan untuk membawa bukti fisik berupa KTP yang rusak tersebut.

Baca Juga  IKLAN

“Yang rusak ini harus bawa bukti fisiknya agar dilihat, apakah benar-benar rusak atau tidak. Kami nyatakan rusak kalau elemen-elemen datanya tidak bisa dibaca,” katanya.

Selain itu kata Syaiful, masyarakat juga bisa mengganti photo KTP-E nya sendiri, tetapi tidak diperbolehkan untuk dilakukan perekaman dua kali. (wr-sid)

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar