Sukisman Apresiasi Kerukunan Warga BTN Sweta

0
157

MATARAM, Warta Rinjani—Anggota DPD RI asal NTB, H Achmad Sukisman Azmy kembali melaksanakan sosialisasi empat pilar negara. Kali ini senator yang dikenal low profile itu bersosialisasi di komplek perumahan BTN Sweta, Kelurahan Sandubaya, Mataram.

Dalam lawatannya, Sukisman mengaku takjub dengan kerukunan yang dibangun warga masyarakat BTN Sweta. Ini karena warga yang menghuni komplek perumahan tersebut sangat heterogen.

“Komplek ini patut menjadi laboratorium pembelajaran terkait keberagaman. Dengan berbeda, kita tidak mesti mengorbankan kebersamaan,” ucapnya, Minggu (16/2).

Di banyak tempat, terangnya, perbedaan kerap kali menjadi petaka. Dengan berbagai alasan, perbedaan yang ada sering kali diperuncing menjadi sebab permusuhan.

Baca Juga  71 Orang Ikuti Tes Akademik Seleksi Balon Pilkades

Namun kondisi ini disebutnya berbeda dengan yang terjadi di BTN Sweta. Penduduknya yang berbeda keyakinan justru nampak sangat rukun dan saling bahu membahu.

Sukisman menegaskan, menamankan semangat kebersamaan di tengah perbedaan yang ada sangat penting dilaksanakan. Bisa saja warga berbeda keyakinan soal keimanan, tapi dalam urusan sosial bermasyarakat, setidaknya harus memiliki visi yang sama.

Dalam urusan sosial, paparnya, ada banyak hal yang harus dikesampingkan. Salah satunya adalah persoalan keimanan. Tugas manusia di bumi disebutnya adalah menciptakan takdir sosial yang lebih baik.

Baca Juga  Pemprov NTB Tandatangani Kesepakatan Addendum dengan PT GTI

“Yang membuat bumi ini menjadi aman dan jauh dari pertikaian, ya kita sendiri. Kalau perbedaan dibesar-besarkan justru bisa memperuncing persoalan. Kita tidak bisa tenang dan aman,” tegasnya.

Sebagai sesama warga, tegasnya, persoalan perbedaan yang ada hendaknya saling dihargai. Ruang toleransi antara warga satu dengan yang lain juga harus dibuka selebar-lebarnya.

Karena itu, melalui kegiatan sosialisasi empat pilar negara itu, Sukisman mengajak warga setempat untuk merawat nilai-nilai kebersamaan. Perbedaan yang ada hendaknya dikesampingkan demi mewujudkan kerukunan anta sesama. (*)

Special for Warta Rinjani

SOSIALISASI: Anggota DPD RI asal NTB, H Achmad Sukisman Azmy saat bersosialisasi tentang empat pilar negara.

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar