Tahun 2020 Honor Nakes Selama 4 Bulan Belum Dibayar Pempus

0
54

LOMBOK TIMUR, wartarinjani.net – Pada tahun 2020, honor Tenaga Kesehatan (Nakes) di Lombok Timur (Lotim) selama 4 bulan belum dibayarkan oleh Pemerintah pusat (Pempus).

Adapun jumlah pembayaran honor nakes selama empat bulan di tahun 2020 lalu sekitar Rp 12 Miliar.

Meski demikian, Bupati Lombok Timur Drs. HM Sukiman Azmy, M.M berjanji Pemda Lotim akan menalangi honor nakes untuk tahun ini.

“Saat ini, Pemda sudah melakukan koordinasi dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Apakah bisa ada peluang dan mudahan-mudahan bisa tertangani oleh APBD¬† untuk membayar honor nakes yang sudah bekerja selama ini,” terang Sukiman. Jumat, (12/3).

Kewenangan pembayaran honor nakes pada tahun 2021 ini juga akan sepenuhnya menjadi tanggung jawabnya Pemda.
Saat ini pembayaran honor nakes ini diwajibkan kepada pihak Pemda dimulai sejak bulan Januari hingga seterusnya.

Baca Juga  Penanganan Bahu Jalan yang Amblas di Pantai Lab. Haji Perlu Kajian

“Anggaran honor ini juga akan kita pikirkan bersama-sama dewan,” katanya.

Dilanjutkannya, honor nakes tersebut nantinya akan dibayarkan melalui  recofussing anggaran. Saat ini, Pemda Lotim masih membutuhkan dana sekitar Rp. 80 miliar untuk penanganan Covid-19 di Lotim, dengan membatalkan pembangunan infrastruktur dan irigasi.

“Kita masih menyisir Rp. 80 miliar lagi, apa yang bisa dibatalkan akan batalkan, apa yang bisa ditunda, kita akan tunda. Banyak bansos yang tidak bisa didistribusikan saat ini, mohon maaf kalau tahun ini masyarakat tidak terima jatah bansos lagi,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan DR. Fathurrahman menambahkan, pihaknya masih menunggu dana recofussing daerah. Pasalnya, dari Pempus sendiri sudah tidak ada harapan untuk mambayar honor nakes tersebut, karena sudah diserahkan ke pihak Pemda.

Baca Juga  Selain Somasi, ASITA Lotim Minta Rekrutmen BPPD Lotim, Diulang

“Saya sudah ke Jakarta untuk mengklarifikasi itu, tapi memang sudah diserahkan lewat dana recofussing itu,” tambahnya.

Adapun untuk jumlah honornya sendiri tetap sama seperti sebelumnya. Hanya saja, kata dia, dulu lewat pusat dan sekarang sudah diserahkan kepada Pemda.

jumlah Nakes di Lotim sebanyak 5.000 lebih, namun tidak semua nakes sama jumlah honornya, sehingga nantinya akan di verifikasi terlebih dahulu.

“Jadi nanti honornya beda-beda, bagian yang langsung menangani Pasien Covid-19 beda, perawatan dan dokter beda-beda,” tutupnya. (wr-sid)

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar