Tiga Kawil Lowong, Jurit Gelar Rekrutmen

0
219

PRINGGASELA, Warta Rinjani—Ada tiga wilayah (dusun) hasil pemekaran di Desa Jurit. Ketiga wilayah itu adalah Jurit, Sepolong Tengah dan Bangket Atas.

Sejauh ini ketiga wilayah itu belum memiliki kepala. Karena itu, Pemerintah Desa Jurit menggelar rekrutmen untuk mengisi jabatan yang lowong tersebut.

Anggota Panitia Seleksi (Pansel) Kawil Desa Jurit, Lalu Afkuh Asgar mengatakan, direkrutnya calon ketiga kawil ini agar lebih memudahkan pelayanan terhadap masyarakat. Jika jabatan kawil terus kosong, dipastikan pelayanan di tingkat dusun atau wilayah terganggu.

“Kita tidak ingin proses layanan terhadap masyarakat terganggu dengan lowongnya jabatan tersebut,” ucapnya kepada Warta Rinjani, Jumat (14/2).

Baca Juga  Pilkades Serentak di Lotim Akan Diikuti 122 Calon

Proses pendaftaran atau rekrutmen disebutnya sudah memasuki hari kelima. Pendaftaran ini akan berlangsung hingga tanggal 19 Februari.

Hingga kini, terangnya, baru 2 orang pendaftar yang sudah memasukan lamaran menjadi Kawil. Ditaksir, jumlah ini akan terus bertambah sampai hari penutupan tiba.

Katanya, proses penetapan Kawil akan berlangsung bulan ini juga. Ini dilakukan lantaran pihaknya tidak ingin berlama-lama menunda terbentuknya kawil definitif.

Masih kata Afkuh, untuk jenis dan soal tes calon kawil disebutnya menjadi urusan pihak pemeraintah kecamatan. Hanya saja, tempat tes tetap dilaksanakan di kantor desa.

Baca Juga  Bang Zul : Anak Muda Harus Bisa Menyatukan

Sementara itu, Sekretaris Desa Jurit, Suadi SH mengatakan, sejak panitia seleksi sudah di-SK-kan oleh kepala desa, selanjutnya ditugaskan membuka pendaftaran. Namun sebelum itu harus didahului pengumuman tentang adanya rekrutmen kawil.

“Rekrutmen Kawil ini perlu untuk meningkatkan dan memudahkan pelayanan kepada masyarakat. Pada Hari Senin kemarin dibuka untuk penerimaan berkas calon kepala kewilayahan,” terangnya.

Kawil yang dipilih ini diharapkan agar betul-betul melayani masyarakat. Ini karena mereka yang ditunjuk nanti merupakan perpanjangan tangan dari pemerintah desa.

“Kawil ini perannya penting dan sebagai perpanjangan tangan Kades untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat,” jelasnya. (cr-sul)

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar