Tiga Nama Calon Sekda Lotim Telah Dikantongi

0
104

SELONG, Warta Rinjani—Tahapan demi tahapan penjaringan calon sekda Lombok Timur (Lotim) sudah dilalui. Dari 6 calon yang berkompetisi, tiga diantaranya dinyatakan lulus.

Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Sekda Lotim, Drs H Fathurrahman MSi mengungkapkan, keenam calon sekda yang telah mengikuti serangkaian tes atau seleksi merupakan putra terbaik. Keseluruh tahapan proses pansel sejak awal dinilai telah memenuhi kriteria. Baik itu persyaratan administrasi, tahapan presentasi dan wawancara.

“Tim pansel sudah merampungkan seluruh tahapan dan telah menyerahkan laporan hasil pansel 3 besar calon sekda ke Bupati Lotim,” ujar Fathurrahman, yang juga Asisten I Setda NTB kepada Warta Rinjani, Selasa (4/2) .

Fathurrahman menegaskan, dalam proses seleksi calon sekda tetap berpegang teguh pada sumpah dan janji. Selain itu, pihaknya juga akan selalu bersikap obyektif dalam penilaian. 

“Laporan lengkap seluruh hasil dan peringkat untuk 3 besarnya silahkan  dikonfirmasi langsung ke Pak Bupati. Ini karena kewenangan ada di sana,” pintanya.

Penilaian tiga  besar calon sekda Lotim itu dilakukan secara kumulatif dari hasil keseluruhan  tahapan. Siapa yang berada  dio peringkat pertama, kedua dan ketiga sesuai hasil penilaian.

Baca Juga  Pemprov NTB Komitmen Membangun SDM

Tim Pansel sebutnya hanya menyerahkan calon sekda yang sesuai peringkat saja. Selanjutnya, hasil seleksi pansel tersebut akan dilaporkan kepada Gubernur NTB.

“Penyampaian hasil pansel juga akan dilaporkan kepada pejabat pembina kepegawaian Lombok Timur dalam hal ini Bapak Bupati. Jika dari ketiga calon yang dinyatakan lulus itu menempati peringkat teratas, maka siapa calon peringkat pertama lah yang diajukan,” ujarnya.

Diketahui, 6 putra terbaik Lotim yang ikut dalam kontestasi Sekda ini adalah H Juaini Taufik (Kepala BPKAD), L Dami Ahyani (Sekretaris DPRD Lotim),  Drs Slamet Alimin (Kepala Bapenda), Dr Mugni (Kadis Pariwisata), Purnama Hadi (Kepala BPBD) dan Kepala Bappeda Lotim, Dewanto Hadi.

Di lain sisi, penjaringan calon Sekda Lombok Timur ini menjadi atensi publik. Banyak harapan muncul bahwa sekda terpilih nantinya bisa mewujudkan iklim pemerintahan yang baik sesuai dengan visi misi Pemda Lotim. 

Salah satunya datang dari Sekretaris Ikaatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA PMII) Cabang Lombok Timur, Harmain Zuhri. Ia mengatakan, calon sekda yang saat ini bertarung dan baru saja menyelesaikan serangkaian tes kompetensi adalah orang yang punya kapasistas dan kapabilitas. 

Baca Juga  Curanmor Modus Tebus Lagi Marak di Lotim, 7 Pelaku Diamankan

“Sangat sulit kalau melihat calon Sekda yang bertarung saat ini,” kata Harmain.

Dia meamdang Lotim membutuhkan Sekda yang visioner dan memiliki rekam jejak birokrasi yang baik secara berjenjang. Menurutnya, dengan memiliki dua kreteria tersebut, bisa memimpin birokrasi di internal pemerintahan saat ini.

Sekda terpilih disebutnya harus mampu menerjemahkan visi bupati dan wakil bupati Lotim. Kemampuan ini disebutnya sangat penting agar roda pemerintahan berjalan dengan baik.

Selain itu Sekda juga minimal telah menjadi pemimpin di setiap jenjangnya. Yakni mulai dari pernah menjabat camat dan minimal pernah menjadi kepala dinas dua tahun.

Terpisah, Ketua Komunitas Himpunan Anak Kampung (HAK) Lotim, Lalu Jayani Rangga Anom Putra mengatakan, ia berharap calon Sekda yang terpilih besok memiliki figur kuat di kalangan ASN. Sehingga, iklim pemerintahan yang bersih bisa terwujud. 

“Selain rekam jejak, saya kira harus memiliki figur yang kuat dan bisa diterima di kalangan ASN,” tandasnya. (cr-pol) 

Ist/Radar Lombok

SANTAI: Keenam calon Sekda Lotim sedang bersantai di sela-sela uji kompetensi yang mereka ikuti.

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar