Tingkatkan Kualitas SDM, TPID Montong Gading Gelar Pelatihan Bumdesmart

0
148

Montong Gading, Warta Rinjani – Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Montong Gading menggelar pelatihan menejemen dan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa Mart (BUMDes Mart) di Kantor Desa Jenggik Utara (14/12).

Kegiatan ini dilakukan guna meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam mengelola BUMDes di Desa Jenggik Utara, Kecamatan Montong Gading, Lombok Timur.

Ketua Tim pelaksana Inovasi Desa (TPID) Montong Gading, Eni Sulhayani mengatakan, Bumdes di Desa ini sedang berkembang sejak tiga tahun lalu, dibuktikan dengan beberapa unit usaha yang dimiliki oleh BUMDes. Salah satunya pengelolaan pupuk organik yang kini sudah berjalan.

Selama ini, BUMDes Beringin Muda dapat meraup keuntungan hingga Rp. 30 juta perbulan dari hasil pengelolaan usaha tersebut. Kedepannya, BUMDes akan membentuk bank sampah untuk menambah usaha baru.

Baca Juga  Sandiaga Uno: Pacoa Jara, Magnet Pariwisata NTB yang Mendunia

“BUMDes Beringin Muda nantinya akan kita bina untuk mengelola sampah, pengurus bank sampah akan dilatih nantinya sehingga siap di launching tahun depan,” ujarnya.

Sementara itu, ketua Advokasi Buruh Migran (ADBMI) Lombok Timur, Mohnan saat mengisi acara tersebut mengatakan, beberapa BUMDes saat ini memiliki kendala dalam memajukan usahanya.

Hal itu disebabkan karena ketidakmampuan bersaing dengan produk-produk luar. Untuk mengimbangi hal tersebut, kedepannya BUMDes akan dikemas seperti Alfamart dan Indomart, akan tetapi tidak menjual barang dengan harga lebih mahal yang dapat merugikan masyarakat atau pedagang kecil.

Baca Juga  Hari Donor Darah se Dunia : UTD Dapat Mensuplai Kebutuhan Darah di Lotim

“Kedepannya, BUMDes dapat bersaing dengan peritel-peritel sekelas Alfamart, Indomaret bahkan pedagang besar lainnya,” harapnya. (Cr-Hen)

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar