Tingkatkan Minat Baca, Pemban Gumpalan Bangun TBM

0
86

SAKRA, Warta Rinjani – Taman Baca Masyarakat (TBM) Pemban Gumpala kini ramai dikunjungi warga setempat. Warga sangat antusias memilih bahan bacaan yang diminati. Siswa SDN 5 Sakra salah satunya, aktif berkunjung sepulang sekolah.

TBM ini berada di tengah kebun dekat perkampungan warga di Dusun Kemaliq Jaran, Desa Sakra Selatan, Kecamatan Sakra Lombok Timur. Pengunjung TBM ini bukan hanya dari kalangan anak-anak, melainkan juga dari kalangan orang tua.

“Alhamdulillah, setiap hari ada pengunjung dari anak-anak sampai dengan orang tua,” kata Heri Sutarman, Ketua TBM Pemban Gumpala, Kamis (19/12).

Dikatakan Heri, TBM Pemban Gumpala berdiri bulan April lalu. Diprakarsai oleh para pemuda Dusun Kemaliq Jaran. Alasan didirikan TBM untuk meminimalisir penggunaan gadget yang sekarang kian marak dikalangan pelajar. Segala bisa diakses, namun kebanyakan mengakses video atau bermain game online.

Baca Juga  Jaga Kondusifitas, Masyarakat Desa Rambitan dan Ketara Sepakat Serahkan Konflik ke APH

Ia mengatakan, seusia anak-anak ini harus banyak belajar sambil bermain. Untuk itu TBM Pemban Gumpala dibangun ditengah kebun, layaknya tempat bermain.

“TBM kita ini bangun di kebun, agar anak-anak bisa belajar sambil bermain,” ungkapnya.

TBM binaan Heri kedepannya akan berkeliling hingga ke dusun-dusun lainnya untuk mengajak kaum muda agar terlibat. “Kami juga akan bangun TBM dengan konsep yang sama. Selain membangun tempat baca, juga akan mendatangi tongkrongan pemuda dan tempat bermain anak,” misi Heri.

Heri mengakui, buku di TBM Pemban Gumpala belum begitu banyak. Sehingga pengunjung belum bisa memilih sesuai minatnya. Namun demikian, Ia tetap akan berusaha untuk terus berbenah.

Baca Juga  Lima Pelaku Kepemilikan Sabu Diringkus Satresnarkoba Lotim

“Kami dari pengurus TBM, akan terus berusaha berbenah menambah buku bahan bacaan masyarakat. Terutama buku pelajaran siswa SD sampai SMA,” ungkapnya.

Salah seorang pengunjung, Suriyadi, mengatakan, sangat mengapresiasi niat komunitas Pemban Gumpala dalam mengajak untuk mencintai buku. Ia juga merasa tergugah untuk ikut terlibat di dalam TBM tersebut.

“Saya ingin terlibat langsung membantu teman-teman muda mengembangkan TBM, agar kelak Desa Sakra Selatan ini SDM nya meningkat,”harapnya.

Demikian pula salah seorang siswa yang mengunjungi TBM tersebut mengatakan, keberadaan TBM sangat membantu dalam menyelesaikan tugas dari sekolah.

“Sangat membantu ketika ada tugas, tinggal kesini, bukunya sudah ada,” ungkap anak yang malu menyebutkan namanya. (cr-pol)

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar