Tingkatkan SDM, EF Gelar Latihan Asesmen

0
112
BANTUAN: Para relawan EF saat memberikan kursi roda bagi anak penyandang disabilitas. (Saipul Yakin/Warta Rinjani)

SELONG, Warta Rinjani—Lembaga kemanusiaan Endri’s Foundation (EF) menggelar pelatihan asesmen terhadap difabel di Kelurahan Rakam, Kecamatan Selong, Lombok Timur. Pelatihan digelar lantaran EF Lotim merupakan cabang baru.

“Ya kami menggelar pelatihan asesmen pada penderita difabel,” kata Ketua Endri’s Faoundation Lotim, Zaenul Muttaqin, kepada Warta Rinjani, Rabu (26/2).

Pelatihan ini dianggap penting agar pengurus EF paham tatacara menangani pasien difabel. Setiap pasien difabel ini memiliki kriteria berbeda dalam penanganannya dan bantuan yang diberikan.

Pemeberian bantuan terhadap difabel, sebutnya, tergantung pada hasil asesmen tim di lapangan. Asesemen tersebut juga akan membantu sosialisai penanganan difabel pada pihak keluarga. 

Baca Juga  Dikes Lotim Usulkan Tambahan Tenaga Honda

“Karena dengan begitu kita bisa meningkatkan kualitas pelayanan di lapangan sebagai wujud mendukung cita-cita pemerintah daerah,” ucapnya.

Terpisah, Ketua Lombok Disability Center, Wisnu Pardipta mengatakan, pelatihan kali ini fokus pada edukasi pada orang tua anak dan masyarakat yang mengalami difabel. Bagi orang tua anak, agar memahami kebutuhan anaknya yang mengalami difabel.

Penekanannya terutama pada asesmen terhadap pasien agar bantuan bisa tepat. Misalkan bantuan kursi roda, harus diberikan pada pasien yang tepat.

Baca Juga  Bahu Jalan Wisata Pantai Labuhan Haji Ambrol

Ia mencontohkan, untuk pasien difabel yang paraplegia, maka yang dibutuhkan kursi roda dengan jenis bantal. Namun dibawah bantal tersebut ada comfort agar pasien nyaman dan tidak luka.

Begitu juga dengan difabel yang sering mengalami kejang-kejang, maka akan diberikan kursi roda yang berbeda. Bahkan menurutnya, ada juga gologan pasien difabel yang tidak membutuhkan kursi roda.

“Kalau salah memberikan kursi roda akan berakibat pada kesehatan orang, jadi tidak asal kasih. Makanya penting memahami cara mengasesmen ini,” tandas Wisnu. (pol) 

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar