TK PGRI 14 Masbagik Budayakan Cinta Alqur’an

1
168
MENGAJI: Para orangtua murid dan peserta didik diharuskan mengaji sebelum memulai pelajaran di TK 14 Masbagik. (Foto Special for Warta Rinjani)

MASBAGIK, Warta Rinjani–Salah satu upaya dalam meningkatkan karakter anak didik di Taman Kanak-kanak Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) 14 Masbagik Kecamatan Masbagik Lombok Timur adalah membudayakan cinta Alqur’an. Ini dilakukan kepada wali murid dan anak didik. 

Kepala Sekolah TK PGRI 14 Masbagik, Elfi Zohri SPd menyebutkan, kegiatan membaca Alquran yang dilakukan merupakan program agar anak didiknya dapat belajar langsung dari orang tuanya sendiri. 

“Pelajaran yang paling cepat diterima, ya dari orang tuanya,” sebutnya, kepada Warta Rinjani, Kamis (20/2) .

Dalam menerapkan pendidikan baca Alquran bagi anak didiknya, ia bersama rekan guru yang lain menekankan supaya orangtua anak didik membimbing anak-anaknya.

Baca Juga  Polsek Sakra Gerebek Rumah Penjual Miras Tradisional

“Orang tuanya yang baca sambil memangku anaknya masing-masing. Jadi bukan anaknya yang membaca,” jelasnya.

Adapun jadwal dalam pelaksanaan membaca Alquran jelas Elfi, pihaknya mengagendakannya setiap hari masuk sekolah. Kecuali pada hari Senin dan Sabtu tidak dilaksanakan. Mengingat di dua hari itu ada acara khusus sekolah.

Sementara itu, guru TK PGRI 14 masbagik, Rohani SPd mengatakan, tujuan dilaksanakan kegiatan ini agar setiap anak didiknya mencintai Alqur’an sejak dini. Sehingga ketika mereka selesai di bangku TK bisa membaca Alquran sendiri. 

Baca Juga  PT GTI dan Pemprov NTB Sepakati Pokok-Pokok Addendum Kontrak Perjanjian Produksi

“Kita mencontohkan kepada anak-anak, dan ketika karakternya sudah terbentuk dari kecil pasti sampai besar juga akan ikut,” jelasnya.

Rohani menyebutkan, saat ini para guru sekolah ditekankan untuk membentuk karakter anak didik dan tidak dipacu terhadap administrasi. “Harus ditonjolkan sekarang lebih ke arah karakter,” sebutnya.

Sementara itu, salah seorang wali murid Dewi Agusnaini mengatakan, program yang dibuat sekolah ini sangat bagus. Selain bisa memberikan efek positif terhadap anak-anak, selaku wali murid bisa membaca dan mengamalkan Alqur’an setiap hari. 

“Mudah-mudahan kegiatan ini tetap dilakukan sampai seterusnya,” harapnya. (yk)

1 KOMENTAR

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar