UN Masih Terkendala Spek dan Jaringan

0
128
UN Masih Terkendala Spek dan Jaringan

PRINGGABAYA, Warta Rinjani—Simulasi pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputerisasi (UNBK) telah berlangsung belum lama ini. Dari hasil simulasi tersebut didapati kendala pada spek komputer dan kecepatan jaringan. Seperti yang dialami oleh ratusan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Pringgabaya misalnya. 

“Kalau ditanya kesiapan dari siswa, bisa dibilang seratus persen siap,” kata Waka Kurikulum SMKN 1 Pringgabaya, Nur Arham SKom, Rabu (19/2).

Ia mengatakan, dari hasil simulasi dua hari kemarin, terdapat kendala jaringan. Akibatnya, simulasi UNBK yang semula akan dilaksanakan pada pagi Senin, terpaksa harus molor sampai selesai waktu Ashar.

Pada hari pertama simulasi, tidak bisa diikuti oleh semua siswa. Penyebabnya lantaran jadwal yang molor. Seharusnya, siswa yang akan mengikuti simulasi UNBK sebanyak 300 orang, tapi yang bisa ikuti simulasi kurang dari 100.

Baca Juga  Tuntaskan Area Blank Spot, Pemprov NTB Bangun Kerja Sama Dengan PT. TELKOM

Pada hari kedua simulasi, lanjutnya, sebagian besar siswa bisa ikut. Kendati begitu, siswa mengeluhkan leletnya server dan susah login ke situs. Bukan hanya lelet jaringan, tapi juga setelah siswa berhasil login, mata pelajaran UNBK yang muncul tidak sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

“Tidak sedikit siswa kami menemukan kesulitan login ke server. Setelah berhasil login, kita menemukan ada mata pelajaran yang muncul tidak sesuai jadwal,” keluhnya.

Ia menjelaskan, seharusnya jadwal UN Bahasa Indonesia, tapi yang muncul Matematika. Buntut dari hal tersebut, banyak siswa yang mengeluh dan heran. Namun, ia mengaku tidak bisa berbuat apa-apa karena kebijakan tersebut dari pusat. 

Baca Juga  IKLAN

“Meski ngeluh, kita meminta siswa yang bersangkutan untuk terus menyelesaikan soal tersebut,” ucapnya. 

Ia mengemukakan, UN di SMKN 1 Pringgabaya bukan hanya diikuti oleh siswa sekolah tersebut. Namun juga diikuti oleh siswa di luar sekolah itu.

Beberapa sekolah yang ikut UN di sekolah itu seperti SMK Muhamadiyah Pringgabaya dan SMK NW Pringgabaya.

Terpisah, Kepala SMKN 1 Pringgabaya, Ir. Bambang Setiaji Waluyantono mengatakan, terkait adanya kendala spek komputer, ia akan mengganti komputer tersebut dengan spek yang lebih tinggi. Bukan hanya komputer, tapi juga jaringan internetnya akan di-upgrade.

“Agar siswa bisa mengikuti UN dengan tenang. Jangan sampai persoalan teknis itu menghilangkan konsentrasi siswa,” ucapnya. (pol)

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar