Wabup Lotim Singgung Pungli

0
128

LENEK, Warta Rinjani—Peresmian Kantor Camat Lenek dilangsungkan Selasa (21/1). Kantor ini diresmikan langsung  oleh Wakil Bupati Lombok Timur (Lotim), H. Rumaksi SJ.

Dalam kesempatan itu, Rumaksi menyinggung terkait kasus pungli yang dilakukan oknum camat di Lotim. Dalam praktiknya, modus pungli ini terutama menyasar pelayanan adminitrasi kependudukan (adminduk).

“Kalau warga minta pelayanan gratis sulit dibantu, tapi kalau ada uang sangat cepat dibantu,” ungkapnya.

Salah satu contoh kasus, terangnya, terutama dalam layanan adminduk. Jika ada warga yang meminta dibuatkan KTP, spihak kecamatan selalu menjawab bahwa blanko habis. Sebaliknya, jik ada uang, proses pelayanan sangat mulus dan permintaan warga terpenuhi.

Baca Juga  Mulai Hari Ini, Pelabuhan Poto Tano – Kayangan Resmi Menggunakan Kartu Elektronik

Warga yang mendengar paparan Rumaksi kontan bertepuk tangan. Respon warga ini seolah membenarkan praktik pungli yang selama ini terjadi.

Karena itu, Rumaksi meminta kepada camat mengontrol penuh praktek pungli di kantornya. Tak segan, ia juga meminta kepada camat untuk memberikan sanksi hukum bagi pelaku pungli jika ditemukan.

Baca Juga  Dispora Lotim Berikan Penghargaan Bagi Pemenang Pemuda Pelopor

“Kedepan, tidak ada lagi pungutan kepada rakyat dalam pelayanan identitas. Tolong dikontrol Pak Camat dan Pak Kasi. Jika masih ada, jangan sampai tidak dihukum,” tegasnya. (cr-hen)

Berita dan Photo : Hendri Setiawan/Warta Rinjani
Berita Photo : “PERESMIAN” Wakil Bupati Lotim, H Rumaksi SJ saat meresmikan Kantor Camat Lenek.

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar