Warga Keluhkan Keberadaan Galian C

0
357

SIKUR, Warta Rinjani—Galian C tidak memiliki izin yang berada di Dusun Telaga Daya Desa Gelora kecamatan Sikur Lombok Timur kembali menjalankan aktivitas penggalian.

Ketua Karang Taruna Gelora Karya Desa Gelora Kecamatan Sikur, Andika Eka Paksi menyebutkan, keberadaan galian C tersebut membuat masyarakat sekitar protes. Namun demikian, warga disebutnya tidak tahu harus melapor kemana lantaran dianggap tidak memiliki perhatian.

“Beberapa bulan yang lalu setelah kami melaporkan sempat diberhentikan aktivitasnya. Namun saat ini beroperasi kembali,” sebutnya, Kamis (13/2).

Kata Andika, ada dua lokasi galian C di tempat itu. Bagi warga sebenarnya tidak mempersoalkan aktivitas penggalian, tapi lebih pada dampak yang ditimbulkan.

Baca Juga  Bahu Jalan Wisata Pantai Labuhan Haji Ambrol

“Kalau galiannya silahkan karena itu lahan yang kurang produktif, dan siapa tahu setelah ada galian, lahannya menjadi produktif, tapi dengan syaratnya tidak mencemari lingkungan,” imbuhnya.

Galian C ini disebutnya merupakan permasalahan kecil dan bisa diselesaikan melalui Pemerintah Desa tanpa harus melibatkan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK). Namun sampai saat ini Pemdes tidak pernah mau menyerahkannya.

“Saya pernah mengajak warga untuk menanyakan langsung ke pemerintah desa, tapi tidak ada yang berani menyuarakan,” jelasnya.

Baca Juga  Rekruitmen BPPD Tidak Transparan, DPRD Lotim Bakal Panggil Dispar

Sementara itu, Kepala Desa Gelora Nur Asmat menyatakan, pihaknya tetap melakukan sosialisasi terkait dengan galian C di desanya. Pemerintah daerah melalui DLHK disebutnya sempat turun ke lokasi, hanya saja jawaban masyarakat membuat pihaknya dilema.

“Warga bilang jika ini adalah mata pencahariannya,” ucapnya.

Asmat menyebutkan, jika dilihat dari manfaat, keberadaan galian C ini sangat mendukung perekonomian masyarakat.

“Bayangkan kalau ada truck datang masyarakat berebutan hanya untuk mendapatkan upah yang 3 ribu,” jelasnya. (cr-yk)

Hairul Subawaih/Warta Rinjani

KERUH: Akibat galian C yang ada di Desa Gelora membuat keruh aliran air sungai sekitar.

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar