Warga Kembang Kerang Daya Terima Bantuan Mahyan dan Jamban Keluarga

0
128

LOMBOK TIMUR – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi bersama Baznas Lombok Timur memberikan bantuan berupa Rumah Layak Huni (Mahyuni) dan jamban keluarga ke warga Desa Kembang Kerang Daya, Kecamatan Aikmel, Lotim, Kamis (10/6).

Bantuan Mahyani dan jamban keluarga tersebut merupakan program diakhir tahun 2020 yang belum terealisasi. Pun hanya diperuntukkan kepada warga Desa Kembang Kerang Daya, Aikmel.

Foto : Salah satu Rumah Layak Huni (Mahyuni) yang selesai dibangun dari dana bantuan Baznas Provinsi NTB. (doc)

Direktur Baznas Lotim, Abdul Hayyi mengatakan sumber anggaran program bantuan tersebut bersumber dari Baznas Provinsi NTB. Namun, Baznas Lotim hanya ditunjuk sebagai petunjuk pelaksana saja.

Baca Juga  Bang Zul : Anak Muda Harus Bisa Menyatukan

Besar anggaran yang digelontorkan untuk Mahyani dan jamban keluarga itu berkisar Rp. 700 juta. Rumah berjumlah 41 unit dan jamban keluarga sebanyak 82 unit. Masing-masing per unit rumah mendapatkan Rp. 16 juta. Sedangkan untuk jamban keluarga sebesar Rp. 3 juta.

“Kita tidak memberikan uang secara tunai, tapi akan dibelikan barang ke toko bangunan. Untuk ongkos tukangnya ditanggung penerima, semoga dengan uang Rp. 16 juta itu rumah dengan ukuran 4×6 dapat diselesaikan,” terang Hayyi kepada wartawan, Jum’at, (11/6).

Baca Juga  Masyarakat dan Investasi Harus Menemukan Win-Win Solution

Untuk data penerima sendiri, bukan data dari pihak Baznas Lotim. Melainkan telah direkomendasikan dari Bappeda Provinsi. Dengan alasan untuk mengentaskan kemiskinan atau desa tertinggal.

“Jadi basis datanya dari Bappeda Provinsi, sumber dananya dari Baznas Provinsi, pelaksananya Baznas Lotim,” tutupnya. (wr-sid)

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar