Warga Lombok ke Luar NTB Diharuskan Miliki Bukti Swab dan Rapid Tes

0
121
Sekda Lombok Timur, HM. Juaini Taofik, didampingi Kadis Kominfo, Ahmad Masfu, Jubir Satgas, DR. Fathurrahman dan Kabag Humas Setda Lotim, Iswan R, berlokasi di Bale Wartawan. (Suhaidi/Warta Rinjani)

SELONG, Warta Rinjani Penerbitan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) dan Surat Keterangan Sehat (SKS) bagi warga yang hendak ke luar NTB akan dikenakan biaya.


Sekretaris Daerah Lombok Timur, Drs. HM. Juaini Taofik, M.Ap menegaskan, penerbitan SIKM dan persyaratan lainnya dikeluarkan oleh tim gugus tugas sepanjang telah diterbitkan hasil Rapid Test dan swab pada klinik kesehatan, baik milik pemerintah maupun swasta.

“Yang mau bepergian ke luar pulau Lombok merupakan kewenangan Pemprov. NTB. Dan itu sudah ada regulasinya. Pemkab Lotim hanya memfasilitasi terkait penerbitan SIKM dan keterangan sehat setelah ada hasil dari klinik kesehatan,” jelas Juaini Taofik dalam jumpa pers di Bale Wartawan, Jum’at (5/6).

Baca Juga  Tahun 2021, Posyandu Keluarga Ditarget 100 Persen

Tetapi, kata sekretaris Gugus Tugas Percepatan dan penanganan Covid-19 Lombok Timur itu, masa berlaku SIKM tersebut selama 7 hari. Dan, itu sifatnya dinamis karena bisa saja berubah.
Dalam keterangan pers yang dihadiri Jubir Satgas, Kadis Kominfo dan Kabag Humas Pemkab Lombok Timur, Juaini menyebutkan bahwa penarikan biaya surat keterangan perjalanan ke luar daerah sebagai biaya pengganti alat Rapid Test dan uji swab.
Sekda membantah jika muncul stigma yang berkembang bahwa Gugus tugas-lah melakukan penarikan biaya tersebut.

“Hasil Rapid Test itu dibawa ke gugus lalu dibuatkan surat keterangan. Jadi, bukan gugus tugas yang me-rapid Test,” ujar Juaini Taofik.

Baca Juga  DBHCHT Triwulan I, Pemkab Lotim Terima Transfer Pusat Rp. 16 Miliar

Pemprov. NTB telah maksimal mengawasi pendatang yang hendak ke NTB. Itu semata-mata untuk mengakhiri potensi penularan yang dibawa oleh pendatang. Karenanya, akses bandara dan pelabuhan cukup diperketat.


Demikian pula, warga NTB yang hendak ke luar daerah harus menunjukkan surat keterangan kesehatan dan bukti pendukung lainnya. Bahwa, orang tersebut dinyatakan sehat setelah bisa menunjukkan hasil Rapid Test dan hasil uji swab. (dy)

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar